Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / PT Ciputra Development Tbk Raih Pra Penjualan Rp3,56 Triliun Di Semester I 2021

PT Ciputra Development Tbk Raih Pra Penjualan Rp3,56 Triliun Di Semester I 2021

Marketnews.id Kebijakan Pemerintah berupa insentif PPN-DTP berkontribusi 25 persen terhadap pencapaian marketing sales PT Ciputra Development Tbk (CTRA) sepanjang semester pertama tahun ini. Tentunya kebijakan Pemerintah ini diharapkan dapat diperpanjang oleh pemerintah agar sektor usaha properti terus berkembang.

Pada Semester I-2021, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) membukukan perolehan nilai pra-penjualan (marketing sales) mencapai Rp3,56 triliun atau sebesar 61 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp5,87 triliun.


“Pencapaian marketing sales selama Semester I-2021 tersebut mengalami kenaikan 77 persen jika dibandingkan dengan Semester I-2020. Sejumlah faktor yang mendukung pencapaian ini, antara lain adalah stimulus PPN ditanggung pemerintah (PPN-DTP atas properti),” kata Direktur Utama CTRA, Candra Ciputra saat Public Expose Live 2021, Jumat, 10 September 2021.


Dia mengungkapkan, kebijakan pemerintah berupa insentif PPN-DTP tersebut berkontribusi 25 persen terhadap pencapaian marketing sales CTRA atau senilai Rp901 miliar. “Selain itu, faktor pendukung lainnya adalah peluncuran proyek baru dan klaster-klaster residensial baru di proyek yang sedang berjalan,” paparnya.


Lebih lanjut dia merincikan, pencapaian marketing sales selama enam bulan pertama 2021 berasal dari penjualan rumah dan tanah sebesar Rp2,81 triliun, ruko sebesar Rp302 miliar, apartemen sebesar Rp412 miliar dan perkantoran senilai Rp40 miliar.


Adapun sepuluh proyek CTRA yang tercatat memberikan kontribusi terbesar untuk pencapaian marketing sales adalah, CitraLand Surabaya, CitraRaya Tangerang, CitraLand Gama City Medan, Citra Sentul Raya, CitraGarden City Jakarta, CitraLand Puncak Tidar Malang, Ciputra World Jakarta 2, CitraIndah City Jonggol, Citra Maja Raya dan CitraLand Palembang.


Candra menyatakan, pada Semester I-2021, CTRA meluncurkan dua proyek baru, yakni apartemen CitraLand Mark Ciracas seluas 7 hektar di Jakarta Timur dan proyek residensial CitraLand Puncak Tidar seluas 32 hektar di Malang.


Dia menambahkan, perseroan juga meluncurkan klaster-klaster baru di proyek yang sedang berjalan, yakni Klaster Neo Paloma, Andora, Faraday, Girona dan Academia Residence di proyek CitraRaya Tangerang, Klaster Monterrey di proyek CitraLand Cibubur, Klaster Resvara di proyek Ciputra Beach Resort (Bali), Klaster Spring Dale di CitraGarden City Malang, Klaster Volga di Citra Sentul Raya, Klaster Taman Kuta Indah di Citra Maja Raya dan Klaster Clarke Quay di CitraLand Gama City Medan.


Pada kesempatan yang sama, Direktur dan Sekretaris Perusahaan CTRA, Tulus Santoso menyampaikan, pencapaian marketing sales pada Semester I-2021 dikontribusikan dari berbagai daerah. Jabodetabek masih menjadi segmen pasar terbesar dengan kontribusi Rp1,45 triliun atau setara 41 persen dari pencapaian marketing sales.


“Dengan mempertimbangkan pencapaian marketing sales selama Semester 1-2021, tentunya kami optimistis bisa mencapai target marketing sales 2021 yang telah ditetapkan sebesar Rp5,87 triliun,” ujar Tulus.

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *