Home / Corporate Action / Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Minta Mall Di Buka Normal

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Minta Mall Di Buka Normal

Marketnews.id Mall sebagai pusat belanja telah lama di tutup oleh Pemerintah berkaitan dengan hadirnya pendemi Covid-19. Setelah lebih dari satu setengah tahun pusat belanja Mall di tutup, pihak Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mendesak Pemerintah agar memberikan izin Mall dapat beroperasi secara normal. Meskipun saat ini izin telah dikeluarkan untuk Mall dibuka dengan kapasitas separo, tampaknya pihak pengelola Mall ingin Mall dapat dibuka normal.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menaruh harapan besar kepada pemerintah agar pusat perbelanjaan seperti mall bisa dibuka normal kembali. Hal itu diperlukan agar industri ini bisa hidup kembali setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.


Alphonzus Widjaja selaku Ketua Umum APPBI, menyatakan bahwa pemerintah melalui Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi Menteri sudah menyaksikan sendiri bahwa semua pusat perbelanjaan sudah bisa menerapkan protokol kesehatan dan juga wajib vaksinasi dengan benar. Oleh sebab itu dia meminta agar otoritas terkait dapat segera memberikan kelonggaran lanjutan pada sektor usaha ini.


“Ada beberapa sektor usaha yang masih belum bisa beroperasi seperti tempat bermain anak-anak, tempat hiburan, dan sebagainya. Seperti anak-anak di bawah 12 tahun yang baru diperbolehkan masuk ke pusat perbelanjaan hanya bisa di Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Surabaya,” kata Alphonzus Widjaja dalam keterangannya, Rabu, 29 September 2021.


Meski ruang geraknya masih dibatasi dengan berbagai kebijakan, Alphonzus menilai respons Kementerian Perdagangan dalam mendukung dibukanya kembali pusat perbelanjaan patut diapresiasi.

Mendag Muhammad Lutfi hadir di pusat perbelanjaan Sabtu lalu untuk mengunjungi tenant termasuk tenant fesyen, restoran, dan juga bioskop untuk memastikan kondisi di lapangan.


“Ini hal yang positif dukungan dari Pak Menteri, mudah-mudahan Pak Menteri bisa memberikan kelonggaran berikutnya agar pusat perbelanjaan bisa beroperasi secara normal kembali dengan protokol kesehatan dan wajib vaksinasi,” lanjutnya.

Check Also

OJK Minta Perbankan Percepat Pembentukan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN)

Marketnews.id Perlahan tapi pasti, kinerja perbankan nasional sejak hadirnya pendemi Covid-19 dua tahun lalu berangsur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *