Home / Otoritas / Bank Indonesia / BI : Kinerja Penjualan Eceran Masih Kontraksi Meskipun Sudah Membaik Di Juli 2021 Ini

BI : Kinerja Penjualan Eceran Masih Kontraksi Meskipun Sudah Membaik Di Juli 2021 Ini

Marketnews.id Indeks Penjualan Riil (IPR) sepanjang bulan Juli 2021 lalu, secara bulanan masih terkontraksi -8,3 persen dari sebelumnya sebesar -12,8 persen. Perbaikan penjualan sebagian besar disokong oleh penjualan makanan dan minuman serta tembakau.

Bank Indonesia mengungkapkan, dari hasil survei yang dilakukannya pada Juli 2021, kinerja penjualan eceran diyakini akan membaik secara bulanan meski masih terkontraksi. Hal ini tercermin dari berkurangnya kontraksi Indeks Penjualan Riil (IPR) Juli 2021 secara bulanan menjadi sebesar -8,3 persen (mtm) atau membaik dari bulan Juni 2021 sebesar -12,8 persen (mtm).


Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menjelaskan perbaikan IPR tersebut ditopang oleh peningkatan kinerja penjualan kelompok makanan, minuman dan tembakau. Diyakini permintaan terhadap kelompok barang ini masih cukup baik.


“Ini didukung dari berbagai strategi seperti penjualan secara online atau pesan antar yang meningkat seiring dengan kebijakan pembatasan mobilitas,” ucap Erwin dalam keterangannya, Selasa, 10 Agustus 2021.


Secara tahunan, penjualan eceran Juli 2021 terkontraksi 6,2 persen (yoy), terutama pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, barang budaya dan rekreasi, serta subkelompok sandang.


Dari sisi harga, diperkirakan tekanan inflasi untuk periode September 2021 akan menurun dan pada Desember diperkirakan akan meningkat. Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) pada September diperkirakan sebesar 112,7 atau menurun dari bulan sebelumnya.


“Sementara itu, IEH Desember sebesar 129,3, lebih tinggi dari capaian pada bulan sebelumnya sebesar 119,9 didorong oleh tingginya permintaan dan berkurangnya ketersediaan barang saat Natal dan persiapan Tahun Baru,” pungkas dia.

Check Also

Task Force Energy, Sustainability & Climate B 20 Gerak Cepat Sukseskan G20

Marketnews.id Dalam rangka memperkuat peran Indonesia sebagai Presidensi Group of Twenty (G20), The Business 20 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *