Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk Catat Kinerja Positif Sepanjang Tahun 2020

PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk Catat Kinerja Positif Sepanjang Tahun 2020

Marketnews.id PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk, emiten produsen pupuk nitrogen, phospat, dan kalium (NPK) segmen non subsidi ini dalam dua tahun terakhir ini mencatatkan kinerja positif. Bahkan, kinerja tahun 2020 mampu melampaui kinerja tahun 2019. Atas kinerja tersebut, manajemen berencana mengusulkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) untuk membagikan dividen.

PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF), berencana mengusulkan pembagian dividen untuk tahun buku 2020.
“Kami berencana melakukan pembagian dividen tahun buku 2020 yang akan diusulkan dalam RUPS Tahunan pada 24 Mei 2021 mendatang yang agendanya telah disampaikan dalam Rencana Pemanggilan RUPS ,” kata Direktur dan Corporate Secretary PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk Dadang Suryanto dalam keterangannya di Jakarta, Senin (17/5).


Menurut Dadang, tahun 2020, Saraswanti membagikan dividen untuk tahun buku 2019. Saat itu, dividen yang dibagikan sebesar Rp 52,78 miliar atau setara 60,99% dari raihan laba bersih perseroan sebesar Rp86,83 miliar.


Adapun pada sepanjang tahun 2020 emiten Bursa Efek Indonesia berkode saham SAMF ini membukukan peningkatan laba bersih 36% menjadi Rp 118 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Seiring laba bersih, penjualan meningkat 10% menjadi Rp1,40 triliun dibandingkan periode yang sama 2019 senilai Rp1,28 triliun.


Seperti diketahui, PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk melangsungkan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada Maret 2020 di tengah pandemi Covid-19, meski demikian perseroan mampu bertahan, bahkan bisa bertumbuh.
“Walau di tengah pandemi Covid-19, kami masih mampu meningkatkan pendapatan. Bahkan, tidak melakukan pemutusan hubungan kerja,” terangnya.


Dadang menambahkan pada tahun ini berencana melakukan penambahan kapasitas pabrik dari 600 ribu ton per tahun menjadi 700 ribu ton per tahun.
“Peningkatan kapasitas itu menambah optimisme perseroan untuk meningkatkan penjualan pada tahun 2021,” ujarnya.


Saraswanti berdiri sejak 1998 merupakan produsen pupuk NPK (nitrogen, phospat, dan kalium) untuk segmen non-subsidi.
Hingga saat ini perseroan memiliki lima pabrik dengan kapasitas produksi sebesar 600 ribu ribu ton per tahun.
Pabrik perseroan tersebar di beberapa kota, yaitu Mojokerto (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), dan Sampit (Kalimantan Tengah).

Check Also

Pertamina NRE Dan VKTR Sepakat Kembangkan E-mobility as a Service (e-MaaS) Di Indonesia

MarketNews.id Pertamina New & Renewable Energy (“Pertamina NRE”),  dan PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (“VKTR”), …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *