Marketnews.id Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) selama bulan Maret lalu meningkat jadi 93,4 poin. perbaikan IKK ini berkaitan dengan perkembangan program vaksinisasi nasional yang berjalan lancar dan terus menunjukkan peningkatan. Perbaikan keyakinan konsumen tercatat pada seluruh katagori tingkat pengeluaran konsumen.
Bank Indonesia (BI) merilis survei angka Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Maret 2021 sebesar 93,4 poin. Angka ini meningkat dibandingkan dengan periode Februari di level 85,8 poin dan 84,9 poin pada Januari 2021. Kenaikan IKK ini menandakan perbaikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus mengalami perbaikan.
Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, menjelaskan bahwa perbaikan IKK ini berkaitan dengan perkembangan program vaksinasi nasional yang berjalan lancar dan terus menunjukkan peningkatan. Perbaikan keyakinan konsumen tercatat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, serta pada seluruh kelompok pendidikan.
“Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 12 kota yang disurvei, tertinggi di kota Surabaya, diikuti oleh Manado dan Pontianak,” kata Erwin dalam keterangannya, Jumat (9/4).
Dia menambahkan bahwa perbaikan keyakinan konsumen pada Maret 2021 didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini. Dari hasil survei itu responden menyampaikan bahwa perbaikan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan ditopang oleh membaiknya ekspektasi terhadap ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha, dan penghasilan pada 6 bulan yang akan datang.
“Selain itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan pembelian barang tahan lama,” pungkas dia.