Marketnews.id Tahun 2019 lalu boleh dibilang tahun keberuntungan buat PT Ciputra Development Tbk. Perseroan berhasil meraih laba bersih hingga Rp1,2 triliun. Tapi, hingga semester pertama tahun ini, perseroan justru mengalami penurunan penjualan hingga 16,2 persen akibat pendemi Covid-19.
Seperti diketahui, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp148,3 miliar atau setara dengan Rp8 per saham. Pembayaran dividen ini sumber dananya berasal dari laba bersih di 2019 sebesar Rp1,2 triliun.
Siaran pers CTRA , Kamis (30/7), menyebutkan dividen tunai tersebut akan dibayarkan pada 3 September 2020. RUPST hari ini juga menyetujui pengangkatan Dian Sumeler sebagai komisaris utama dan Tanan Herwandi Antonius sebagai komisaris.
Menurut Direktur Utama CTRA, Candra Ciputra, marketing sales selama Semester I-2020 mencapai Rp2 triliun. Dia mengatakan, pencapaian ini menurun 16,2 persen (year-on-year), akibat dampak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB ).
Namun demikian, Candra mengungkapkan, nilai marketing sales di Juni 2020 yang mencapai Rp412 miliar menunjukkan adanya kenaikan signifikan dibanding Mei 2020 sebesar Rp310 miliar dan pada April 2020 senilai Rp154 miliar.
Dia berharap, tren positif bulanan tersebut akan berlanjut hingga akhir tahun ini, sehingga CTRA bisa meraih target marketing sales di 2020 sebesar Rp4,5 triliun. Selain pencapaian marketing sales, prioritas juga diberikan untuk memperkuat likuiditas perusahaan di tengah ketidakpastian akibat kondisi pandemi Covid-19.
Sementara itu, Direktur dan Sekretaris CTRA, Tulus Santoso mengatakan, untuk mendukung pencapaian target marketing sales di 2020, CTRA menerapkan strategi penjualan secara digital saat meluncurkan klaster-klaster baru di sejumlah proyek berjalan.
Klaster yang diluncurkan selama periode PSBB dan transisinya, yakni klaster Elecio di proyek CitraGarden Puri Jakarta Barat dan Ayodya, serta Seminyak di proyek Citra Maja Raya. “Peluncuran klaster baru di dua proyek tersebut sukses, karena produknya sangat diminati konsumen. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman dan reputasi Grup Ciputra,” ujar Tulus.