Home / Korporasi / BUMN / Eric Thohir : Bank Diminta Turunkan Suku bunga Bantu Dunia Usaha Bangkit

Eric Thohir : Bank Diminta Turunkan Suku bunga Bantu Dunia Usaha Bangkit

Marketnews.id Upaya Pemerintah lewat Bank Indonesia dengan.menurunkan tingkat bunga acuan, diharapakan diikuti oleh dunia perbankan. Bagaimanakah faktanya. Sebab sepanjang tahun ini. Bank Indonesia (BI) sudah beberapa kali menurunkan tingkat bunga acuan, tapi lambat direspon oleh perbankan.

Pemerintah, terus mendorong perbankan untuk melonggarkan suku bunga kredit khususnya kepada sektor UMKM , untuk membantu mengatasi kondisi yang sedang sulit.


Bank Indonesia (BI) sebelumnya telah menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,5 persen. Oleh sebab itu pemerintah menghendaki agar transmisi percepatan penurunan suku bunga kredit bisa segera diterapkan industri perbankan.


Menteri BUMN , Erick Thohir mengatakan, saat ini pihaknya bersama BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Keuangan dan para pemangku kepentingan terus berkoordinasi agar mekanisme penurunan suku bunga kredit khususnya bagi sektor UMKM bisa segera terwujud. Kebijakan final diharapkan bisa segera disepakati dalam waktu dekat bersama perbankan.


“Kami baru rapat tadi pagi, mekanismenya akan dikoordinasikan dengan Kementerian, BI dan semua  stake holder . Mekanismenya seperti apa, nanti akan ada arahan dari mereka,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers via  live streaming , Jumat (20/3).


Erick mendesak bank-bank pelat merah yang tergabung dalam Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) untuk memberikan contoh yang baik dalam merespon kondisi dalam negeri yang terpuruk akibat korona. Dia berharap Himbara bisa segera menurunkan suku bunga kredit ,khususnya bagi usaha kecil menengah (UKM) yang mulai terdampak virus corona.


“Kita tidak boleh terbelenggu hanya pada persoalan kesehatan. Bisnis juga harus jalan, oleh karena itu bank BUMN harus segera turunkan suku bunga kredit UKM, karena banyak UKM terdampak,” katanya.


Erick menegaskan, pemerintah sudah mengajukan sektor-sektor yang terkena dampak virus korona, mendapat stimulus seperti hotel, pariwisata, penerbangan, restoran dan lain-lain, kepada OJK. Termasuk sektor-sektor yang mendapat pinjaman dari bank-bank BUMN .

Check Also

BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry Dan Inovasi Pembayaran

Marketnews.id Kerjasama antara Bank Sentral Indonesia (BI) dan Monetery Authority of Singapore (MAS) semakin intens …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *