Home / Korporasi / Emiten / Danamon Resmi Lepas Adira Insurance Ke Zurich Insurance

Danamon Resmi Lepas Adira Insurance Ke Zurich Insurance

Marketnews.id Pecah kongsi memang tidak sama dengan perceraian dalam perkawinan. Bila pecah kongsi dilakukan dengan baik baik, kerja sama bisnis masih bisa diteruskan. Hanya pemilik nya saja berganti. Begitu juga dengan perceraian rumah tangga. Mantan suami istri, sudah tidak bersatu. Tapi mereka masih bisa bersama membesarkan anak anak.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) telah melakukan penuntasan transaksi penjualan 70 persen kepemilikan saham di PT Asuransi Adira Dinamika (Adira insurance) yaitu anak perusahaan BDMN yang bergerak di segmen asuransi umum kepada Zurich Insurance Company Ltd (Zurich). Penuntasan transaksi hari ini, Jumat (29/11) merupakan lanjutan dari penandatanganan perjanjian penjualan dan penyertaan saham bersyarat ( CSSA ) pada tanggal 27 September 2018 antara kedua pihak.
Berdasarkan klausul transaksi, Zurich menuntaskan akuisisi secara total 80 persen kepemilikan saham pada Asuransi Adira dari Bank Danamon (70 persen) dan pemegang saham minoritas (10 persen). Dengan demikian, saat ini Zurich sudah menjadi pemegang saham pengendali Asuransi Adira.
Direktur Utama BDMN, Yasushi Itagaki, mengatakan melalui investasi Zurich, Asuransi Adira akan mendapatkan akses terhadap keahlian international serta kapabilitas underwriting, digital dan manajemen risiko terbaik. Pengalaman global dan keahlian produk Zurich akan memberikan nilai tambah kepada para pemegang polis Asuransi Adira. Bank Danamon akan melanjutkan kerja sama dengan Asuransi Adira, karena masih tetap menjadi pemegang saham minoritas dan sebelumnya telah menjalin perjanjian asuransi umum dengan Asuransi Adira untuk mendistribusikan produk-produk Asuransi Adira melalui jaringan distribusi Danamon Group.
“Penting bagi kami untuk memberikan apresiasi terhadap manajemen Asuransi Adira yang lalu maupun saat ini karena telah membawa perusahaan menjadi salah satu penyedia layanan asuransi umum terbesar di Indonesia.

Kami yakin investasi dari Zurich, yang merupakan salah satu penyedia asuransi umum terkemuka di dunia, akan lebih memperkuat Asuransi Adira dan menambahkan nilai tambah kepada para pemegang polis serta para pemangku kepentingan lainnya,” ujar Yasushi dalam keterangan persnya, Jumat (29/11).


Pihaknya, kata Itagaki, meyakini dengan kerjasama antara BDMN, Asuransi Adira, dan Zurich, akan memungkinkan perseroan untuk meningkatkan penetrasi pasar di segmen pertumbuhan kunci (Consumer, UKM, Komersial, dan Adira Finance). Bahkan digadang-gadang dapat menghasilkan peluang pendapatan fee income yang lebih besar.
“Hasil dari penjualan kepemilikan saham Asuransi Adira ini akan dialokasikan untuk memperkuat perusahaan termasuk infrastruktur kami, peningkatan kualitas layanan nasabah, dan potensi penambahan pendapatan kepada pemegang saham Bank Danamon dalam bentuk dividen,” pungkas dia.

Check Also

Erick Thohir : Pembelian Dolar Dilakukan Secara Optimal, Terukur Dan Sesuai Kebutuhan

MarketNews.id Tingkat inflasi di US yang sulit turun salah satunya dipicu oleh kenaikan harga energy. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *