Home / Korporasi / BUMN / Darmawan Prasodjo
Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

Darmawan Prasodjo
Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional

MarketNews.id Upaya keras tak mengkhianati hasil. Begitu kata slogan. Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo membuktikan slogan itu. Upayanya membangun pondasi dan menjalankan program transformasi melakukan digitalisasi PLN telah membuahkan hasil.

Pada 29 September lalu, pria kelahiran Magelang ini didapuk sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional. Sejak dipercaya sebagai Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) Desember 2019 kemudian sebagai Direktur Utama Desember 2021, Darmawan terus mendigitalisasi perusahaan setrum negara ini. Semua sistem digitalisasi. Mulai dari pembangkit, transmisi, distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan, sistem pembayaran, hingga sistem pelayanan pelanggan.

Kegigihan dan konsistensinya selama 2,5 tahun Darmawan berhasil merubah cara pikir, cara kerja, dan proses bisnis di lingkungan PLN. Hasilnya, proses pelayanan listrik menjadi lebih cepat dan prosesnya termonitor secara real time. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal.

Semua langkah Darmawan sejalan dengan harapan Presiden Jokowi dalam sambutannya di Acara Rakyat Merdeka Awatd 2022. Jokowi optimis Indonesia akan mampu menjaga stabilitas pangan dengan sinergi semua elemen bangsa. Salah satunya dengan mendukung UMKM untuk naik kelas serta mendorong digitalisasi di sektor perekonomian.

Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara menjelaskan, anugerah yang diberikan merupakan bentuk apresiasi kepada sejumlah tokoh yang berjibaku menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat Covid-19. Usaha dan inovasi beberapa tokoh bersama masyarakat terbukti berkontribusi dalam menjaga perekonomian nasional, termasuk yang dilakukan Darmawan Prasodjo yang dinilai sukses melakukan tranformasi digital kelistrikan nasional.

Hasil survey Rakyat Merdeka menunjukkan, selama Darmawan memimpin, tingkat kepuasan terhadap pelayanan PLN kepada pelanggan juga sangat memuaskan. “Dengan kerja keras dan kreativitas, di masa pandemi PLN malah pendapatannya naik signifikan. Ini berkat kerja keras. Di tengah pandemi banyak kerja keras dari semua pahlawan ini sehingga kita semua untuk bisa berhasil keluar dari Covid-19,” kata Kiki.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyambut baik penghargaan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional. “PLN tengah melakukan transformasi demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat” ungkapnya.

Melalui aplikasi PLN Mobile perusahaannya membangun ekosistem pelayanan terintegrasi yang menyambungkan pelanggan, petugas di lapangan, dan kantor PLN.
HBS

Check Also

PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) Catatkan Laba Bersih Rp 3,8 Triliun Di 2023

MarketNews.id Dari sekian banyak emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Amman Mineral …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *