MarketNews.is Astra Grup untuk bidang otomotif, masih berada di depan baik dalam jumlah merek maupun jumlah produk kendaraan yang mampu di jual setiap tahunnya. Untuk jenis mobil LCGC , produk Astra masih mengusai pangsa pasar yang paling besar mencapai 71 persen dari seluruh jenis mobil LCGC yang terjual. Sedangkan berdasarkan mobil yang terjual, produk Astra Grup masih kuasai pangsa pasar hingga 54 persen.
Pada Februari 2023, PT Astra International Tbk (ASII) sukses meningkatkan penjualan mobil dari 43.023 unit pada Februari 2021 menjadi 46.564 unit ( year on year /yoy).
Head of Corporate Communications ASII, Boy Kelana Soebroto, mengatakan realisasi penjualan untuk LCGC Astra pada periode itu juga naik dari 8.806 unit menjadi 11.550 unit yoy.
Secara rinci,realisasi penjualan mobil Astra pada yang paling laris adalah merek Toyota dan Lexus yang mencapai 27.390 unit. Angka penjualan Daihatsu mencapai 16.263 unit, disusul oleh produk Isuzu mencapai 2.707 unit dan UD Truck sebanyak 184 unit. Sementara yang terendah adalah Peugeot sebanyak 10 unit.
Lebih jauh Boy menjelaskan, untuk produk-produk mobil yang terjual berdasarkan data Gaikindo hingga Februari 2023 lalu market share mobil Astra mencapai 54 persen. Sementara untuk produk mobil jenis LCGC market share -nya mencapai 71 persen.
“Penjualan mobil nasional hingga Februari 2023 tumbuh sebesar 10 persen sementara penjualan mobil Astra mengalami peningkatan sebanyak 11 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ujar Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto dalam keterangannya, Selasa 14 Maret 2023.