Home / Korporasi / BUMN / PTPP Terbitkan Obligasi Senilai Rp3 Triliun Demi Bayar Utang

PTPP Terbitkan Obligasi Senilai Rp3 Triliun Demi Bayar Utang

MarketNews.id- PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) akan menerbitan Obligasi Berkelanjutan IV guna mengincar Rp3 triliun pembiayaan kembali utang jatuh tempo dan modal kerja.

Hal itu terungkap dalam laporan pemeringkatan efek oleh Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) yang diunggah pada Selasa 2 Juli 2024.

Hasilnya, Pefindo menetapkan peringkat idA untuk rencana  penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV PTPP tersebut.

“Efek utang dengan peringkat idA mengindikasikan bahwa kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan emiten lainnya di Indonesia, adalah kuat,” tulis analis Pefindo Yogie Perdana.

Namun dia mengingatkan, kemampuan emiten mungkin akan terpengaruh oleh perubahan buruk keadaan dan kondisi ekonomi, dibandingkan dengan emiten yang peringkatnya lebih tinggi.

Bahkan dia menegaskan, Pefindo dapat menurunkan peringkat jika profitabilitas memburuk secara material karena manajemen proyek yang lebih lemah atau persaingan yang meningkat dan/atau perusahaan berutang lebih tinggi dari yang diproyeksikan karena eksposur PTPP yang lebih tinggi pada proyek-proyek investasi.

Sebaliknya, Peringkat dapat dinaikkan jika PTPP memperbaiki leverage dan cakupan utang secara berkelanjutan didukung oleh peningkatan marjin yang substansial dari bisnis yang terdiversifikasi dan penagihan piutang yang lebih cepat.

Prospek untuk peringkat PTPP terbilang stabil. Peringkat tersebut mencerminkan pandangan atas peran penting PTPP kepada pemerintah, posisi yang kuat di industri, sumber pendapatan yang terdiversifikasi, dan fleksibilitas keuangan yang relatif kuat.

Kekuatan ini diimbangi oleh daya ungkit PTPP yang tinggi dan cakupan arus kas yang lemah, eksposur terhadap segmen properti yang berisiko tinggi, dan lingkungan usaha yang fluktuatif.

Abdul Aziz

Check Also

OJK Masih Telisik Transaksi GOTO Senilai Rp6 Triliun Pada Harga Puncak

MarketNews.id. Pengawas pasar modal tengah mencari informasi terkait motif pihak-pihak yang melakukan transaksi saham PT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *