Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Grup Sinarmas Obral Emiten Menara Telekomunikasi Ke Grup Djarum Senilai Rp 3,4 Triliun

Grup Sinarmas Obral Emiten Menara Telekomunikasi Ke Grup Djarum Senilai Rp 3,4 Triliun

MarketNews.id- Grup Djarum milik Hartono bersaudara melalui PT iforte Solusi Infotek telah membeli 90,11 persen porsi saham pada PT Inti Bangun Sejahtera Tbk. (IBST) pada tanggal 1 Juli 2024.

Mengutip keterangan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI) dikutip, Rabu 3 Juli 2024 bahwa Inforte telah membeli IBST dengan harga Rp2.813 per saham atau nilai pembayaran Rp3,424 triliun.

“Tujuan dari Pengambilalihan Saham untuk pengembangan usaha serta memperluas jaringan usaha dalam rangka memperkuat posisi bisnis TOWR di bidang digital infrastruktur telekomunikasi,” tulis Sekretaris Perusahaan TOWR, Monalisa Irawan.

Dijelaskan, Iforte telah PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (“Protelindo”) anak usaha TOWR untuk membeli IBST setelah memenangkan tender/lelang yang diadakan oleh para pemegang saham utama IBST yang lama.

Dengan demikian Grup Sinarmas melepas IBST dengan harga obral 59 persen lebih murah dibanding harga tertinggi saham itu dalam 3 bulan bulan.

Bahkan jika mengacu harga terendah IBST dalam tiga bulan bursa di level Rp4.000 per saham, maka harga penjualan IBST lebih murah 29 persen.

Sebelum transaksi, Grup Sinarmas mengendalikan IBST melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) dengan porsi kepemilikan 8,5 persen.
Sedangkan penjualan lainnya, PT Bakti Taruna Sejati dengan porsi kepemilikan 79,8 persen kepemilikan pada IBST sebelum transaksi.

Abdul Aziz

Check Also

Pemeriksaan Pola Transaksi Saham FORU Dan KARW Oleh OJK Ditunggu

MarketNews.id- Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menyerahkan hasil pemeriksaan transaksi saham PT Fortune Indonesia Tbk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *