Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / China Merchant Port Rogoh Rp947 Miliar Demi Kendalikan PORT

China Merchant Port Rogoh Rp947 Miliar Demi Kendalikan PORT

MarketNews.id- China Merchant Port Holding Company telah menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) sejak tanggal 28 Juni 2024.

Pada tanggal itu, investor tiongkok itu membeli 1.435.110.412 lembar ata 51 persen porsi saham pada emiten operator infrastruktur pelabuhan ini dari PSP lama, PT Episenta Utama Investasi.

Dalam keterangan resmi PORT, Selasa 2 Juli 2024, tertera nilai transaksi tersebut senilai Rp660 per saham atau total nilai pembayaran Rp947,17 miliar.

Dijelaskan, China Merchant Company bergerak di bidang induk usaha dengan badan hukum Hong Kong.
Sebelumnya, PT Episenta Utama Investasi akan menjual sebanyak 1.435.110.412 lembar saham atau 51 persen porsi kepemilikan pada PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (IDX: PORT) kepada China Merchants Port Company Limited dengan harga jual Rp657 per lembar.

Dengan demikian, nilai transaksi tersebut akan mencapai USD61,2 juta atau setara dengan Rp943,6 miliar.
Dalam jawaban manajemen PORT atas pertanyaan regulator bursa pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin 27 Nopember 2023, bahwa China Merchant Port bermaksud investasi pada industri pelabuhan di Indonesia melalui pembelian 51 persen PORT.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PORT, Lina menjelaskan, rencana itu tertuang dalam perjanjian Penjualan Jual Beli Bersyarat antara pemegang saham pengendali perseroan dengan pihak bukan terafiliasi itu pada tanggal 20 November 2023.

“Dampak hukum dari transaksi penjualan saham ini akan terjadi perubahan pengendali perseroan,” tulis Lina dalam keterangan resmi, Rabu 22 Nopember 2023.
Saat ini, Episenta Utama Investasi menguasai 74,1 persen porsi saham PORT.

Abdul Aziz

Check Also

OJK Masih Telisik Transaksi GOTO Senilai Rp6 Triliun Pada Harga Puncak

MarketNews.id. Pengawas pasar modal tengah mencari informasi terkait motif pihak-pihak yang melakukan transaksi saham PT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *