MarketNews.id-PT BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS), akan membimbing 70 ribu karyawan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menjadi investor pasar modal.
Langkah pertama, karyawan PNM akan ditawari untuk memilik saham perusahaan tempat mereka bekerja melalui program Kepemilikan Saham oleh Karyawan PNM.
Direktur Operasional PNM, Sunar Basuki menjelaskan, program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang saham dan pasar modal untuk menumbuhkan semangat dan spirit karyawan PNM dalam memberikan kontribusi bagi negara, khususnya memberikan pendampingan dan pemberdayaan kepada pelaku usaha ultra mikro di Indonesia agar semakin bertumbuh secara berkelanjutan.
“Kami berharap BRIDS juga memberikan edukasi supaya karyawan PNM dapat berpartisipasi aktif belajar tentang saham,” jelas dia dalam keterangan resmi, Selasa 23 Juli 2024.
Sunar merinci, PNM sendiri saat ini memiliki lebih dari 70 ribu karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia di mana 80 persen nya adalah generasi Z dan milienial yang memiliki potensi besar untuk meramaikan pasar modal Indonesia.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BRIDS Laksono Widodo menyatakan kerja sama ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan untuk anak perusahaan BRI setelah sebelumnya dilakukan bersama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Pegadaian dan PT Asuransi BRI Life (BRI Life) dan PT BRI Asuransi Indonesia (BRINS) dengan total peserta hingga 75 ribu.
Dia berharap sinergi antar BRI Group dapat menjadi awal yang baik mengenalkan pasar modal Indonesia kepada seluruh stakeholders di ekosistem BRI Group.
“Selain untuk memperkuat sinergi antar Perusahaan dan memperkenalkan investasi di pasar modal kepada Karyawan PNM, kami juga menargetkan bahwa pada tahun ini, sebagian besar dari 70 ribu karyawan PNM dapat menjadi nasabah kami, yang tentunya diharapkan akan mendorong peningkatan transaksi efek Perusahaan,” harap Laksono.
Ke depannya, Laksono berkomitmen untuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait pasar modal bukan hanya saham tetapi juga instrumen lainnya.
“BRIDS akan menyasar berbagai Perusahaan baik di dalam maupun di luar BRI Group, untuk semakin memperkuat basis nasabah Perusahaan dan tentunya untuk mendukung peningkatan literasi dan inklusi pasar modal di Indonesia.” Pungkas Laksono.
Abdul Segara