Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Pangsa Pasar Mobil Astra Group Di April 2023 Naik Jadi 59 Persen Untuk LCGC Capai 73 Persen

Pangsa Pasar Mobil Astra Group Di April 2023 Naik Jadi 59 Persen Untuk LCGC Capai 73 Persen

MarketNews.id Sepanjang bulan April 2023, penjualan mobil PT Astra international Tbk (ASII) alami penurunan signifikan sebesar 34 persen banding bulan Maret 2023. Penurunan penjualan mobil ini terkait dengan libur Lebaran yang menyebabkan hari kerja hanya dua minggu. Jumlah capaian yang diraih ASII di nilai wajar lantaran hari kerja yang hanya dua pekan.

Penjualan mobil PT Astra International Tbk (ASII) sebanyak 34.717 unit per April 2023. Penjualan tersebut turun 34,11% (MoM) dari bulan sebelumnya pada Maret yang sebanyak 52.687 unit.

Head of Corporate Communications ASII, Boy Kelana Soebroto, mengatakan jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2022, penjualan unit pada April 2023 lalu turun 25,33 persen year on year (yoy).

Untuk realisasi penjualan LCGC Astra pada periode itu naik dari 8.953 unit menjadi 9.376 unit.
Realisasi penjualan mobil Astra secara rinci dari yang terlaris adalah merek Toyota dan Lexus yang mencapai 21.818 unit. Kemudian Daihatsu dengan penjualan mencapai 10.778 unit. Disusul oleh produk Isuzu mencapai 2.026 unit dan UD Truck sebanyak 76 unit. Sementara yang terendah adalah Peugeot sebanyak 19 unit.


“Penjualan mobil secara nasional dari Januari hingga April 2023 tercatat sebanyak 341.311 unit. Sementara pangsa pasar mobil Astra pada April 2023 tercatat naik menjadi 59 persen dari bulan sebelumnya yaitu 52 persen,” ujar Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto dalam keterangannya, Sabtu 13 Mei 2023.


Market share Astra untuk produk-produk mobil yang terjual berdasarkan data Gaikindo hingga April 2023 mencapai 54 persen. Sementara untuk produk mobil jenis LCGC market share-nya mencapai 73 persen.

Penjualan mobil pada April 2023 menunjukkan penurunan, baik wholesales maupun ritel. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pejualan wholesales mencapai 58.911 unit atau turun 41,8 persen dibandingkan Maret 2023, sementara penjualan ritel mencapai 68.534 unit atau turun 29 persen.

Seketaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyampaikan, penurunan penjualan pada April 2023 disebabkan karena adanya libur panjang Lebaran pada April 2023, sehingga membuat hari kerja menjadi lebih pendek dibandingkan bulan sebelumnya.

Untuk meningkatkan penjualan tahun ini, Kukuh mengatakan Gaikindo akan mengandalkan pameran otomotif seperti GIIAS. Dalam ajang tersebut, biasanya masing-masing agen pemegang merek (APM) akan berkompetisi dengan meluncurkan mobil terbarunya.

Check Also

INPP Jual 36,7 Persen Saham Kepada Hankyu Hanshin Properti Senilai Rp652, 65 Miliar

MarketNews.id- Indonesian Paradise Property(INPP) telah menjual 149.019.892 lembar atau   36,7 persen porsi kepemilikan saham pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *