Home / Otoritas / Bursa Efek Indonesia / Kredivo Rangkul PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk Guna Masuk Segmen Ritel Terbesar

Kredivo Rangkul PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk Guna Masuk Segmen Ritel Terbesar

MarketNews.id Inovasi memang tiada henti. Apalagi bila inovasi digabungkan teknologi pembayaran antara perdagangan online dan offline. Kerjasama antara kredivo, perusahaan platform kredit digital dengan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) memadukan antara belanja online dan kredit dan offline yang sudah dijalankan oleh RALS. Kombinasi ini diharapkan jadi sinergi yang kuat antara pembelian secara kredit tapi dapat berbelanja secara langsung buat konsumen.

Kredivo, platform kredit digital untuk konsumen ritel resmi bekerja sama dengan PT RamayanaLestari SentosaTbk (RALS) sebagai pemain ritel yang memiliki jaringan pengguna kuat di berbagai kota tier 2 dan 3 untuk menyediakan produk pembayaran Paylater  di seluruh gerai Ramayana.

Dengan adanya kerjasama ini, seluruh pengguna Kredivo dapat menggunakan pembayaran  Paylater  di 101 gerai Ramayana yang tersebar di seluruh Indonesia.


Indina Andamari,  VP Marketing & Communications  Kredivo memaparkan optimisme Kredivo terhadap kolaborasi tersebut dalam mengoptimalkan momentum pertumbuhan sektor ritel di kota non-metropolitan melalui penggunaan Paylater.


“Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kita ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana. Melalui jaringan kuat Ramayana di seluruh pulau di Indonesia, kami berharap upaya perluasan layanan kredit digital ini dapat mengakselerasi ekonomi daerah, khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis 25 Agustus 2022.


Temuan dari “Unlocking The Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia” Alpha JWC memprediksi bahwa kota tier 2 dan 3 akan menjadi penyumbang terbesar pendapatan per kapita di tahun 2030 dengan kontribusi sebesar 49% hingga 51%. Hal ini didukung oleh  Paylater  yang telah memperlihatkan potensi sebagai produk pembayaraan digital yang dapat mendorong peningkatan inklusi keuangan di kota-kota tier 2 dan 3.


Berdasarkan data internal dari Kredivo menyatakan, bahwa pengguna Paylater  di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52% pada semester I-2022 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Dari pengguna  Paylater , pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1 %, disusul produk makanan (18,3%) dan produk kesehatan (18,6%).


Ramayana pun melihat bahwa di tengah pertumbuhan ekonomi kota tier 2 dan 3, integrasi layanan keuangan digital dengan gerai fisik yang seamless  jadi kunci menjawab kebutuhan konsumen era digital.


Alexander A. Tumbel,  Head of Loyalty Program & Merchant Acquisition Division  Ramayana mengungkapkan, walau dunia sudah makin  online , pengalaman berbelanja  offline  harus terus memberikan pengalaman baru bagi konsumen.

“Dengan demikian, integrasi  online  dan  offline  jadi kunci, dan kami sebagai pemain di industri ritel Indonesia siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan dengan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti  Paylater . Kami optimis dengan kerja sama kami dengan Kredivo dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia,” katanya.

Check Also

Sritex Undang Investor Baru Hingga Mitra Strategis

MarketNews.id- Sri Rejeki Isman (SRIL) atau Sritex, tengah melakukan beberapa upaya agar tetap beroperasi walau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *