Marketnews.id Manfaatkan potensi pasar agar lebih optimal, sepertinya itulah yang saat ini sedang dan akan dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart. Emiten ritel ini, memanfaatkan pelanggan yang selama ini hanya berbelanja kebutuhan pokok agar dapat berkuliner di fasilitas yang dimiliki oleh Alfamart sebagai tempat untuk bersosialisasi. Harapannya, selain Alfamart dapat jualan produk ritel, dapat juga menjual makanan dan minuman buat pelanggan nya.
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart (AMRT) siap melebarkan sayap bisnisnya dengan merambah bisnis kuliner yaitu restoran dan kafe. Rencananya brand resto atau cafe yang bakal disematkan untuk bisnis ini adalah brand Alfa X dan Bean Spot.
Dalam keterbukaan informasi publik, Manajemen AMRT mengatakan gerai resto dan cafe tersebut nantinya akan menjajakan berbagai varian makanan dan minuman untuk umum yang disatukan dengan gerai Alfa yang kini sudah menjamur di berbagai daerah.
“Pertimbangan dilakukannya penambahan bidang usaha tersebut adalah AMRT bergerak di bidang usaha perdagangan eceran berbagai macam barang, yang utamanya makanan, minuman atau tembakau dengan format minimarket dan jasa waralaba,” sebut Manajemen, Selasa (4/5).
Dijelaskan, Alfa X yang memiliki format minimarket modern yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti tempat belajar/bekerja bersama (coworking space) dan penjualan serta penyajian makanan dan minuman. Strategi ini disesuaikan dengan perubahan gaya hidup (lifestyle) konsumen Indonesia yang semakin modern.
Coworking space sebagai salah satu layanan pendukung kegiatan gerai/restoran dan kafe tersebut sesuai dengan lifestyle konsumen saat ini, ditarget memberikan kontribusi terhadap pendapatan gerai Alfa-X sekitar 9-10 persen.
“Dalam pengelolaan coworking space, tidak terdapat perizinan khusus yang diperlukan, mengingat bentuk coworking yang dijalankan perseroan berupa penyediaan ruangan privat untuk konsumen restoran dan kafe, dimana reservasi wajib disertai dengan pembelian makanan dan minuman,” jelas manajemen.