MarketNews.id Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sepanjang bulan Juni 2022 mencapai 128,2 berada di atas 100 batas level optimistik. Keyakinan konsumen ini tetap terjaga karena ditopang oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap penghasilan dan tenaga kerja.
Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa optimisme konsumen pada Juni 2022 terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2022 sebesar 128,2 poin atau tetap berada pada level optimis (indeks > 100). Ini relatif stabil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 128,9 poin.
“Keyakinan konsumen yang tetap terjaga tersebut ditopang oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terutama terhadap penghasilan dan lapangan kerja,” ujar Kepala Departemen KomunikasiBI, Erwin Haryono dalam keterangannya, Jumat 8 Juli 2022.
Secara triwulanan, rata-rata IKK selama periode triwulan II 2022 meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Rata-rata IKK triwulan II 2022 tercatat sebesar 123,4 poin atau lebih tinggi dari 114,6 poin pada triwulan I 2022.
Peningkatan tersebut didorong oleh optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, baik terhadap aspek penghasilan, ketersediaan lapangan kerja maupun ketepatan waktu dalam membeli barang tahan lama.
“Sejalan dengan meningkatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga mengalami peningkatan pada semua aspek, yaitu ketersediaan lapangan kerja, kegiatan usaha, dan penghasilan,” pungkas dia.