Home / Otoritas / Bank Indonesia / 10 Day Challenge III, Jumlah Investor Saham Lampaui 1,5 Juta Saat BEI Umumkan Pemenang

10 Day Challenge III, Jumlah Investor Saham Lampaui 1,5 Juta Saat BEI Umumkan Pemenang

Marketnews.id Pandemi COVID-19 berdampak banyak pada perubahan pola hidup masyarakat, salah satunya adalah aktivitas memperoleh pendapatan dan investasi. Pasar Modal menjadi pilihan investasi masyarakat yang terefleksi dari kenaikan jumlah investor saham di sepanjang 2020.

Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, per 19 November 2020 jumlah investor saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah mencapai 1.503.682. Terjadi penambahan sebanyak 417.366 single investor identification (SID) baru atau naik 28 persen sepanjang 2020.

Pasar Modal Indonesia yang telah menerapkan perdagangan saham berbasis daring (online trading) sejak 2010 silam ternyata sejalan dengan penerapan era ‘New Normal’ saat ini. Ditambah lagi dengan masifnya peran BEI bersama Perusahaan Efek Anggota Bursa dalam melakukan sosialisasi dan edukasi Pasar Modal telah meningkatkan daya tarik masyarakat Indonesia untuk berinvestasi saham.

Salah satu program sosialisasi dan edukasi untuk mengenalkan pasar modal khususnya kepada generasi milenial adalah melalui pelaksanaan kompetisi 10 Days Challenge 2020 pada 494 Galeri Investasi (GI) BEI di seluruh Indonesia. Pada periode ketiga kompetisi ini, sebanyak 41 GI dan 5 Perusahaan Efek Anggota Bursa telah mengikuti kompetisi ini dengan 2.715 SID baru telah tercatat validitasnya di KSEI.

10 Days Challenge merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh BEI bagi seluruh GI BEI di Indonesia berupa tantangan untuk melakukan pembukaan rekening efek saham sebanyak-banyaknya dalam jangka waktu 10 hari bursa.

Kompetisi ini dibagi menjadi 4 periode dan selama pandemi BEI menambahkan kebijakan perpanjangan durasi kompetisi setiap periodenya sebanyak 10 hari kerja, sehingga periode ketiga dimulai sejak 9 September telah berakhir pada 6 Oktober 2020.

Selain memberikan apresiasi kepada GI BEI dan Anggota Bursa Mitra GI BEI, tujuan dari kompetisi ini adalah untuk semakin mengimplementasikan pembukaan rekening efek yang saat ini sudah semakin cepat dan mudah. Tidak hanya itu, tujuan lainnya adalah sebagai sarana edukasi pasar modal dan mendorong terciptanya inklusi pasar modal dalam bentuk peningkatan jumlah investor dalam negeri.

Kompetisi ini tidak lepas dari dukungan Anggota Bursa Mitra GI BEI yang berpartisipasi dan berkontribusi besar dalam peningkatan jumlah investor baru.


Langkah yang dilakukan oleh manajemen BEI, mestinya dapat pula dilakukan oleh perusahaan sekuritas sebagai ujung tombak dalam meraih investor atau pemodal baru. Teknologi sudah dalam genggaman para melenial, tinggal bagaimana perusahaan sekuritas merangkul para pemodal milenia ini se optimal mungkin agar para pasar modal Indonesia semakin diminati sebagai tempat investasi yang aman dan nyaman buat pemodal.

Check Also

Akuntan Ragukan Kelangsungan Usaha BATA, Lantaran Utang Yang Menumpuk

MarketNews.id- Akuntan Publik penelaah laporan keuangan semester I 2024 Sepatu Bata (BATA) mengungkapkan, keraguan kelangsungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *